Baca ini! Jika Kamu Ingin Bahagia

Baca ini! Jika Kamu Ingin Bahagia

Kebahagiaan merupakan impian tiap orang, dari mana pun latar belakang orang tersebut. Jika kita ditanya, bagaimana konsep bahagia itu sendiri? Apakah kita sudah bahagia? Lalu, bagaimana cara agar kita bahagia?

Kebahagiaan menurut seorang filsuf Jawa, Suryomentaram adalah kondisi di mana batin kita merasa tenang, tenteram, nyaman tidak adanya konflik, tidak terikat pada sesuatu dan bebas dari keinginan yang tidak pada tempatnya. Kebahagiaan tersebut dapat kita capai dengan menghindari sikap iri, sombong, menyesal dan khawatir.

Sejalan dengan konsep kebahagiaan menurut Suryomentaram, sikap-sikap tercela di atas membuat hati kita merasa tidak nyaman dan gelisah. Hal itulah yang dapat menghilangkan kebahagiaan pada diri manusia.

Selain itu, ketika manusia melekatkan kebahagiaan terhadap sesuatu. Jika sesuatu tersebut hilang atau berkurang, maka kebahagiaan yang ia rasakan juga akan ikut hilang. Dengan kata lain, kebahagiaan sejati hadir ketika kita memliki ketenteraman hati.

Ketenteraman hati didapatkan melalui perilaku spiritual dan kebajikan-kebajikan yang kita perbuat. Salah satu perilaku spiritual dan kebajikan yang dapat kita perbuat ialah memperbanyak sedekah. Dengan bersedekah, secara tidak langsung kita sudah mentransfer kebahagiaan kepada orang tersebut begitupun sebaliknya.

SS

Yuk berbagi bersama SedekahOnline.com melalui: https://sedekahonline.com/campaign/view/bantu-wujudkan-1000000-hafizh-hafizhah-bersama-daarul-quran