Dakwah? Ga Dulu Deh!

Dakwah? Ga Dulu Deh!

“Dakwah? Ga Dulu Deh!”  Mungkin sering terdengar banyak kalangan muda yang mengatakan hal tersebut, kesan dakwah yang sangat "berat" dan dibilang kurang kekinian masih ada di tengah muda-mudi Muslim. Berbagai alasan muncul ketika ada ajakan berdakwah, "Duh, susah itumah. Effortnya harus gede banget. Nanti aja, saya masih ga pantes dan belum jago agamanya".

Sebelum melanjutkan pembahasan problem di atas, mari kita bahas dakwah itu sendiri. Secara sederhana, dakwah adalah mengajak, menyerukan, dan memanggil orang kepada kebaikan sesuai ajaran agama. Dengan pengertian ini, jika memperhatikan kondisi saat ini, sarana dakwah sudah sangat banyak dan mudah dilakukan, mulai dari hal sederhana membuat konten menarik tentang kebaikan, menyebarkan materi-materi atau konten agama ke media sosial, ataupun semudah me-repost hal tersebut ke akun medsos kita termasuk kedalam dakwah.

Kemudian, anggapan dakwah hanya diperundukan untuk ahli agama juga tak sepenuhnya tepat. sekecil dan sedikit apapun ilmu atau hal baik yang kita miliki, jika kita bagikan dengan tujuan mengajak kebaikan karena Allah Ta’ala, insyaallah itu sudah bernilai dakwah dan pahala bagi kita. Pemuda-pemudi khususnya, jangan malu tuk menyampaikan dan mengajak masyarakat dalam kebaikan. Gunakanlah berbagai cara agar dakwah terlihat asik, gaul, dan menarik serta tetap dalam koridor syariah yang sesuai.

Hal ini sebagaimana ayat yang bisa kita jadikan sebagai landasan dakwah kita, “hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran : 104).

Jadi, tak ada lagi alasan bagi kita tuk tidak berdakwah. Mulailah ambil peran menjadi Muslim dan Muslimah yang aktif dalam estafet kebaikan ini. Tiada batasan untuk mengajak pada kebaikan, batasannya hanyalah diri kita sendiri, mau tidak kah kita untuk memulai langkah?

ALAMS

Klik untuk sedekah: sedekahonline.com