Di Umur Berapa Hewan Dapat Dijadikan Qurban?

Di Umur Berapa Hewan Dapat Dijadikan Qurban?

Bisa menghadirkan hewan terbaik untuk qurban menjadi dambaan tiap Muslim. Selain dilihat dari kesehatan tanpa adanya cacat pada hewan, faktor umur juga perlu diperhatikan sebelum memilih hewan tuk dijadikan qurban.

Tiap tahunnya, tepatnya pada Hari Raya Iduladha dan hari Tasyrik (11-13 Dzulhijah) umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah qurban. Beberapa jenis hewan disembelih sebagai bentuk ketakwaan seorang hamba pada Allah SWT.

Di Indonesia sendiri, tradisi qurban biasanya menggunakan jenis hewan berupa kambing, domba dan sapi. Untuk itu, penting bagi kita tuk mengetahui di umur berapa hewan-hewan tersebut dapat dijadikan qurban.   

Pertama, Domba (Al-Jadza’u). Di Indonesia banyak jenis domba lokal yang bisa kita temui, misalnya domba ekor tipis, domba ekor gemuk, domba Garut, domba Wonosobo dan lainnya. Domba-domba ini biasanya diternak tuk diambil manfaat daging dan susunya.

Namun, tiap Iduladha umat Muslim di Indonesia sering menjadikan domba sebagai hewan qurban. Dalam hukum Islam, domba dapat dijadikan qurban saat berumur 6 bulan hingga 1 tahun ke atas. Karena di umur ini, domba sudah terhitung dewasa.

Kedua, Kambing Jawa (Al-Ma’iz). Secara fisik, kambing Jawa tak segemuk domba. Badannya lebih ramping namun tinggi. Kambing ini asli dari Indonesia dan banyak dijadikan hewan ternak karena mudah beradabtasi dan berkembang biak. Kambing Jawa dapat dijadiakan hewan qurban saat berumur 1 hingga 2 tahun.

Ketiga, Unta (Al-Ibil). Meski di Indonesia tidak ditemui orang berqurban dengan unta, namun di negara-negara Timur Tengah hal ini sudah lumrah. Unta mencapai umur dewasa tuk dijadikan hewan qurban saat usianya menginjak 5 hingga 6 tahun.

Keempat, Sapi (Al-Baqar). Di mana pun kita dapat menjumpai daging sapi dalam berbagai olahan makanan. Sapi juga menjadi hewan populer tuk dijadikan qurban di Indonesia, bahkan di sebagian besar negara Islam. Umur sapi yang dapat dijadikan hewan qurban adalah 2-3 tahun, di usia inilah sapi sudah dewasa.

Pernyataan di atas sesuai dengan yang termaktub dalam kitab fikih Kifayatul Akhyar berikut: “Umur hewan kurban adalah Al-Jadza’u (Domba yang berumur 6 bulan-1 tahun), dan Al-Ma’iz (Kambing jawa yang berumur 1-2 tahun), dan Al-Ibil (Unta yang berumur 5-6 tahun), dan Al-Baqar (Sapi yang berumur 2-3 tahun).”

MRIM

Yuk berqurban bersama QurbanQu di: http://s.id/sedekahqurbanso