Hijrah, Nikah dan Pejuangan: Jalan Menuju Keluarga Harmonis

Hijrah, Nikah dan Pejuangan: Jalan Menuju Keluarga Harmonis

Hijrah harus dilandasi dengan tauhid agar terciptanya keluarga yang tangguh. Keluarga pejuang tumbuh dari orang tua yang beriman, memiliki prinsip tuk membina keluarga yang harmonis.

Dalam rangka mengisi waktu Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat, SedekahOnline mengadakan kajian virtual bertemakan “Hijrah, Nikah dan Perjuangan,” Rabu (28/4/21). Ada pun kajian virtual ini diisi oleh Ketua Yayasan Pusat Dokumentasi Islam Indonesia Tamaddun/Dosen ATAIPI Jakarta, Ustadz Hadi Nur Ramadhan.

Ustadz Hadi menerangkan bahwa untuk menciptakan keluarga yang tangguh, harus didasari prinsip dan tekad yang kuat. Beliau menegaskan ada tiga hal yang perlu dijaga dalam membina keluarga pejuang, yaitu: hijrah karena tauhid, terbinanya jembatan silaturahmi antar keluarga dan saling menutup hak-hak keluarga.

“Setelah nikah, Allah SWT akan menambahkan keberkahan dalam hidup kita akhi!” tegas Ustadz Hadi pada peserta kajian virtual.

Bagi Ustadz Hadi, untuk para lajang yang sudah memiliki keinginan menikah jangan bedoa hanya agar disegerakan datangnya jodoh. Namun ia harus berdoa agar Allah SWT memberikan keturunan yang shaleh dan shalehah dari pernikahannya kelak.

Salah seorang peserta kajian virtual bertanya, “Secara umur saya sudah bisa dikatakan dewasa, orang tua pun sudah mengizinkan nikah, namun pendapatan saya jika dihitung secara akal tidak mencukupi untuk membina rumah tangga. Saya pernah mendenar jika nikah dapat memperlancar rezeki, mohon nasehatnya ustadz saya mesti bagaimana?”

Menanggapi petanyaan tersebut, Ustadz Hadi menegaskan bahwa yang mengatur rezeki bukan kita tapi Allah SWT. Tugas seorang hamba menurut Ustadz Hadi hanyalah berusaha dan Allah SWT akan memberikan anugerahnya.

“Sesama pasangan harus saling menguatkan, nikah itu harus diniatkan jalan menuju dakwah,” tutup Ustadz Hadi mengakhiri hajian virtual ini.

Salurkan sedekah terbaik sobat baik melalui : https://sedekahonline.com/

(MRIM)