Mengapa Islam Mengajarkan Umatnya Tuk Saling Tolong Menolong?

Mengapa Islam Mengajarkan Umatnya Tuk Saling Tolong Menolong?

Islam tak hanya persoalan ubudiah, interaksi peribadatan seorang hanba dengan Allah SWT. Namun, Islam juga mengajarkan tata cara muamalah, hubungan antar insan dengan baik.

Dalam hal ibadah pun Islam tak hanya bermuatan ibadah Mahdhah, ibadah formal seperti shalat, puasa, zakat dan haji. Namun, Islam juga mempunyai ibadah yang tak terbatas yaitu ibadah Ghairu Mahdhah.

Saling peduli dan menolong sesama itulah ibadah non-formal yang bisa dilakukan umat Islam kapan pun dan di mana pun. Kita pun dapat melakukan segala kebaikan bermuatan ibadah Ghairu Mahdhah. 

Nabi SAW bersabda, "Perumpamaan hubungan seorang mukmin dengan mukmin yang lain adalah laksana sebuah bangunan yang masing-masing bagian saling menguatkan. (Beliau kemudian mengisyaratkan hal itu dengan menyatukan jari-jari kedua tangan beliau)" (HR Bukhari).

Karena segala hal di dunia ini dapat bermuatan ibadah, itulah tujuan penciptaan manusia. Sebagaimana firman Allah SWT, sebagai berikut:

"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." (Q.S Adz-Dzariyat: 56).

Tolong menolong menjadi bagian dari ibadah Ghairu Mahdhah yang bisa kita kalukan tanpa mengenal batas waktu dan tempat. Bahkan kini, kita dapat menolong sesama hanya lewat gawai di tangan.

Untuk itu, mari saling bantu sesama melalui: sedekahonline.com

MRIM