Mengenal Lebih Dekat Pengertian Ibadah Qurban

Mengenal Lebih Dekat Pengertian Ibadah Qurban

Sebelum membahas lebih jauh perihal ibadah qurban, kita perlu tahu terlebih dahulu makna ibadah qurban itu sendiri. Jangan sampai tiap tahun kita sebagai umat Muslim melaksanakan ibadah qurban, namun tidak paham apa yang sebenarnya kita lakukan.

Dalam pengertian bahasa, kata “qurban” berasal dari bahasa Arab “qariba-yaqrabu-qurban” yang dalam bahasa Indonesia bermakna “dekat”. Dalam hal ini, qurban menjadi suatu ibadah yang mempunyai nilai tuk mendekatkan diri seorang hampa pada Allah SWT dengan menjalankan perintahnya.

Sedangkan qurban ditinjau dari istilah agama yaitu “udhhiyah” dalam bentuk jamak disebut “dhahiyyah” . Istilah ini berasal dari kata “dhaha” atau yang kita kenal dengan waktu dhuha. Dengan peluasan makna, yaitu sembelihan di waktu Dhuha yang dilakukan pada 10 hinga 13 Dzulhijjah tiap tahunya.

Dari pengertian di atas, muncul istilah Iduladha yang dikenal di masyarakat umum sebagai Hari Raya Qurban. Sehingga dapat dipahami, yang dimaksud dengan qurban/udhhiyah adalah menyembelih hewan dengan niat ibadah kepada Allah SWT pada Hari Raya Iduladha dan Hari Tasyriq (11-13 Dzulhijjah).

Demikian pengertian ibadah qurban. Melalui SedekahOnline, sobat baik dapat andil memberikan sedekah qurban untuk saudara-saudara kita kaum dhuafa di daerah-daerah terpencil. Sedekah qurban hadir untuk memberikan kemudahan patungan qurban bagi mereka yang tak memiliki banyak uang namun punya keinginan tuk berqurban.

Salurkan sedekah qurban sobat baik melalui: s.id/sedekahqurbanso