Meniti Jalan Illahi dengan Mencari Ilmu

Meniti Jalan Illahi dengan Mencari Ilmu

Kegemilangan peradaban umat manusia hanya akan dimenangkan oleh mereka yang unggul dalam kemajuan ilmu pengetahuan. Islam pun jaya di masa lampau karena peradaban kelimuaannya yang maju.

Dalam Islam, menuntut ilmu menjadi amalan yang sangat mulia kedudukannya. Bahkan Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu lagi beriman.

Dalam hal ini, Imam Ibn Qoyim (157 H) menjelaskan sebagai berikut: “Mencintai ilmu dan mencarinya adalah sumber dari segala ketaatan. Sedangkan cinta dunia dan harta, juga mencarinya adalah sumber keburukan.”

Tak hanya itu, apa pun yang kita inginkan, baik keinginan di dunia dan akhirat semuanya membutuhkan ilmu. Tanpa ilmu manusia tak ubahnya hewan yang hidup tanpa pedoman dan tuntunan.

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah SWT akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

Meniti jalan Illahi banyak rupanya, namun dengan giat mencari ilmu kita akan semakin tahu akan kebesaran Allah SWT. Dengan ilmu pula, ibadah yang kita kerjakan akan diridahi Allah SWT.

MRIM

Wujudkan sejuta penghafal Qur'an bersama Laznas PPPA Daarul Qur'an melalui: https://sedekahonline.com/campaign/view/bantu-wujudkan-1000000-hafizh-hafizhah-bersama-daarul-quran