Pengertian Zakat yang Harus Kita Tahu

Pengertian Zakat yang Harus Kita Tahu

Dalam pengertian bahasa, zakat berasal dari bahasa Arab “Zaaka” yang memiliki arti bersih, murni, suci, tumbuh dan berkembang. Sehingga, zakat menjadi amal bagi umat Islam tuk membersihkan dan menyucikan harta.

Sedangkan dalam hukum Islam (fikih), zakat didefinisikan sebagai sejumlah harta yang diambil darinya dan wajib diserahkan kepada golongan yang berhak. Golongan yang berhak menerima zakat kemudian disebut Mustahiq.

Di Indonesia, pengertian zakat termaktub dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Dalam hal ini, zakat diartikan sebagai harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang Muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam.

Klik untuk berzakat http://s.id/zakatnow

Selain itu, zakat juga menjadi salah satu rukun Islam ke-4. Perintah zakat tertuang dalam Al-Qur’an, sebagaimana dalam firman Allah SWT QS. At-Taubah Ayat 103 berikut:

 خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ

Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.”

Ada pun tujuan zakat itu sendiri dalam Islam semata tuk menggapai rida Allah SWT. Hal ini sebagai mana yang tertuang dalam Al-Qur’an, berikut:

وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ 

Artinya: “ … Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipatgandakan pahalanya.” (QS. Ar-Ruum: 39)

Sebagai umat Islam, sudah sepatutnya kita tuk mengeluarkan zakat sebagai kewajiban. Melalui zakat pula, harta yang kita miliki menjadi bersih dan suci. Dalam pengertian ini, dapat diartikan zakat sebagai amal pembersih harta.

MRIM