Sedekah di Waktu Sempit Atau Lapang?

Sedekah di Waktu Sempit Atau Lapang?

Hidup ini seperti roda yang berputar, terkadang di atas dan terkadang di bawah. Sedih-bahagia, susah-mudah, sehat-sakit semua berputar sesuai dengan porsinya. Begitu pula dengan kesempitan dan kelapangan, semua merupakan ujian dari Allah SWT untuk menguji seberapa kuat keimanan kita.

Bila ditanya, lebih baik sedekah di waktu sempit atau lapang? Pasti setiap orang mempunyai jawabannya masing-masing. Sedekah di waktu sempit yaitu sedekah di saat kita juga sedang membutuhkan. Sedangkan sedekah di waktu lapang yaitu sedekah di saat kita diberi rezeki lebih oleh Allah SWT.

Keduanya sama-sama dianjurkan, baik di waktu sempit maupun lapang. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT pada Q.S. Ali Imran : 134, berikut:

 “(Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. ” (QS Ali-Imran: 134).

Dapat disimpulkan bahwa sedekah di waktu sempit maupun lapang sama-sama baik dan disukai oleh Allah. Namun, sedekah di waktu sempit merupakan hal yang luar biasa. Di saat kita juga sedang membutuhkan, tetapi kita dengan ikhlas menyedekahkan harta semata-mata mengharap rida Allat Taala.

Semoga kita senantiasa diberi taufik oleh Allah SWT untuk selalu ingat bersedekah dalam kondisi apa pun, baik dalam keadaan sempit maupun lapang, amin Ya Rabbal Alamin.

SS