SedekahOnline Menghelat Seminar Daring “Milenial X Ekonomi Syariah”

SedekahOnline Menghelat Seminar Daring “Milenial X Ekonomi Syariah”

     Sebagai bentuk kepedulian akan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia, SedekahOnline berhasil menghelat seminar daring bertemakan “Milenial X Ekonomi Syariah”, Rabu (21/4/2021). Seminar ini diperuntukan bagi generasi milenial Muslim agar lebih peduli terhadap perkembangan ekonomi Islam.

     Pada seminar daring kali ini, dua narasumber ahli diundang untuk memberikan materi perihal tema yang diangkat. Ada pun pemateri pertama merupakan seorang Pakar Ekonomi Islam STES Islamic Village, Ibu Dewi Puteri Mandiri dan pemateri kedua merupakan seorang pengusaha muda Mas Faisal Aditya.

     Kaitanya dengan  definisi ekonomi syariah, menurut Ibu Dewi merupakan sistem pemenuhan hidup manusia untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran yang didasarkan pada ajaran-ajaran Islam dalam Al-Qur’an  dan As-Sunnah. Landasan inilah yang nantinya dikembangkan oleh pemikiran manusia dalam menjalankan sistem ekonomi syariah.

     Lebih lanjut, Ibu Dewi menegaskan banyak segmentasi yang ada dalam bidang ekonomi syariah. Bahkan kini jangkauan ekonomi syariah telah meluas, seperti produk dan layanan halal, wisata halal dan lainnya. “Ekonomi syariah tidak hanya dilihat dari banknya saja (islamic finance),” ungkap Ibu Dewi.

     Selain itu, sebagai pemateri dari kalangan pengusaha muda, Mas Faisal memberikan keterangan mengenai manfaat dan peluang ekonomi Islam untuk milenial. Menurutnya, generasi milenial hadir sebagai harapan baru ekonomi Islam Indonesia dan ekonomi syariah dapat digunakan dalam pengembangan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal.

     “Ekonomi syariah dapat menunjang kebutuhan dan gaya hidup milenial. Selain itu dapat juga menjadi peluang dunia usaha baru bagi milenial,” ujar Mas Faisal.

     Pada seminar daring kali ini, terlihat peserta sangat antusias mengikuti bahasan yang dipaparkan pemateri. Sebagai panitia penyelenggara dari SedekahOnline, Mas Rully Firmansyah  berharap terselenggaranya seminar dring ini dapat memberikan wawasan tentang ekonomi syariah bagi masyarakat luas dan SedekahOnline dapat dikenal.

(MRIM)