Tantangan dan Peluang Platform Penggalangan Dana Digital

Tantangan dan Peluang Platform Penggalangan Dana Digital

Sebagai insan amil, pandemi ini memberikan pelajaran berharga bahwa peran teknologi digital sangat krusial dalam pelbagai lini kehidupan. Konsep penggalangan dana (red; fundraising) konvensional, secara langsung dengan tatap muka tak lagi dapat diandalkan dalam kondisi serba sulit dan keterbatasan akses ini. 

Padahal, peran lembaga dan badan amil sangat penting tuk menggalang dana dan menyalurkannya kepada masyarakat rentan di tengah pendemi. Tercatat, jumlah kemiskinan di Indonesia meningkat karena pandemi. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan tersebut mencapai lebih dari 2,7 juta jiwa.

Tak bisa dipungkiri lagi, meski bukan barang baru, transformasi digital dalam dunia fundraising menjadi hal mutlak yang tak bisa ditawar. Kecepatan tanpa batas ruang dan waktu, juga ketepatan sasaran mestinya menjadi landasan utama bagi insan amil dalam mewujudkan kemaslahatan umat di era baru disrupsi/4.0 ini.

Era baru disrupsi atau yang kita kenal dengan istilah industri 4. 0 menyuguhkan perubahan besar berkaitan dengan sistem dan tatanan sosial dengan cara-cara baru berbasis digital di tengah masyarakat. Dilansir dari www.ui.ac.id, mereka yang tak mampu mengikuti perubahan dan bertahan dengan cara-cara lama akan kalah dalam persaingan. 

Klik untuk donasi: sedekahonline.com

MRIM