Arti Bismillah, Membawa Berkah Setiap Kegiatan

Arti Bismillah, Membawa Berkah Setiap Kegiatan
Foto: www.qazwa.id

           Bismillah memiliki arti sebagai kalimat yang diucapkan sebelum memulai kegiatan memiliki makna yang sangat penting bagi seorang muslim.

           Saat kita akan melakukan aktivitas atau kegiatan apa saja, membaca Bismillah akan membuat yang kita lakukan menjadi lancar.

           Arti Bismillah yang diucapkan setiap akan melaksanakan kegiatan dapat membawa kebaikan dan keberkahan.

           Memahami makna Bismillah membuat kamu menjadi sadar tentang berbagai keutamaanya dalam kehidupan sehari-hari.

Arti Bismillah atau bismillahirrahmanirrahim adalah:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

            Setiap muslim dianjurkan untuk membaca Bismilah setiap akan memulai aktivitas atau kegiatan. Arti Bismillah secara umum adalah untuk meniatkan segala sesuatu yang dilakukan atas nama Allah.

            Bismilah juga bisa berarti memohon restu atau kelancaran pada Allah. Para ulama menafsirkan lafal Bismillahirrahmanirrahim menjadi empat hal penting, meliputi:

             Awalan Bi, memiliki makna kekuasaan dan pertolongan. Orang yang melafalkan bismilah sebelum memulai seusatu meniatkan perbuatannya atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah.

            Bismillahirrahmanirrahim erat kaitannya dengan kalimat tauhid yaitu “la ilaha illa Allah”. Kalimat tauhid merupakan kalimat mulia yang membesarkan Allah. Dengan mengucapkan bismillah, seseorang senantiasa mengagungkan Allah di tiap tindakannya.

           Bismillahirrahmanirrahim diucapkan sebagai bentuk pengakuan bahwa Allah merupakan sang penguasa alam semesta yang agung.

           Bismillahirrahmanirrahim mengandung dua sifat Allah yaitu ar-rahman dan ar-rahim. Ar-rahman berarti Allah Maha Pengasih, dan Ar-rahim berarti Allah maha penyayang.

Keutamaan Membaca Bismilah

           Kalimat Bismillahirrahmanirrahim sangat dianjurkan dilafalkan saat hendak memulai sesuatu. Ini bertujuan untuk memohon kebaikan dan keberkahan di setiap hal yang dilakukan. Keutamaan membaca Bismilah di antaranya adalah:

           Pertama, sebagai pembatas dengan setan. Membaca Bismillah dapat membuat pembatas antara manusia dan setan.

            Dengan mengawali segala hal dengan Bismillahirrahmanirrahim, setan tidak dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan. Dengan begitu, umat Muslim akan terhindar dari perlilaku buruk dan menyimpang dari agama.

            Kedua, bisa menjadi pembuka Rezeki. Arti Bismillah juga bisa menjadi pembuka pintu rezeki. Kalimat Bismillahirrahmanirrahim akan membuat segala tujuan bisa lancar dilakukan dan mendapatkan keberkahan di setiap langkahnya.

            Ketiga, bisa mencegah musibah. Dengan selalu membaca Bismillahirrahmanirrahim dan memahami arti Bismillah ini, seorang Muslim akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

            Keempat bisa menjadi pelindung saat tidur. Menurut Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi yang menukil dari Imam Ahmad As-Showi dalam kitabnya berjudul Kasyifatussaja, sebagai berikut:

           “Di antara keistimewaan yang dimiliki basmalah, ketika seseorang membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, dari kemalingan, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya.”

          Itulah keistimewaan dari bacaan Bismillah. Begitu banyak arti, makna dan juga keistimewaannya. Sehingga kita sebagai umat Muslim wajib terus melakukan Bismillah untuk setiap kegiatan.

          Membaca Bismillah sebelum melakukan suatu kegiatan dapat melancarkan segala aktivitas. Salah satu keistimewaan sedekah juga bisa melancarkan segala kegiatan. Mari sedekah melalui: Sedekah Online untuk membuat hidup kita menjadi lebih lancar.

Penulis: Muhammad Rivaldi