Ayat Alquran Tentang Keutamaan Sedekah

Salah satu bentuk ibadah adalah sedekah atau shadaqah.

Ayat Alquran Tentang Keutamaan Sedekah

Ayat Al Qur'an Tentang Keutamaan Sedekah

 

Salah satu bentuk ibadah adalah sedekah atau shadaqah. Bahkan tahukah Sobat, dalam QS An Nisa 114 disebutkan bahwa hanya mengajak bersedekah saja sudah besar pahalanya, apalagi jika melakukan sedekahnya, meski sedekah tak wajib hukumnya, sunnah hukumnya, yakni jika dilakukan akan mendapat pahala dan jika tidak dilakukan tidak berdosa, namun manfaat dan pahalanya sangat besar sekali. Berikut ini beberapa ayat alquran tentang keutamaan sedekah  agar sobat tahu apa yang dimaksud dengan sedekah itu.

 

QS Al Baqarah: 261 (Pahala Sedekah Berkali Lipat)

Pada ayat Qs Al Baqarah 261 tersebut Allah janjikan pahala sedekah berupa harta ialah 7 kali lipat dan dikalikan lagi masing-masing 100 kali lipat jadi setiap sedekah harta maka pahalanya 700 kali lipat. Jadi jangan khawatir melakukan sedekah, tak akan hilang hartanya justru akan semakin bertambah.

 

QS At Thalaq: 7 (Sedekah Saat Sulit)

Sebagaimana janji Allah pada Qs Al Baqarah 261 di atas, yakni harta yang disedekahkan akan dilipatgandakan hingga 700 kali maka justru pada saat sempit sebaiknya lakukan sedekah, sehingga Allah akan lapangkan dan limpahkan rejekiNya.

 

QS Al Baqarah: 264 (Jangan Rusak Amal Sedekah)

Namun diperingatkan juga pada QS Al Baqarah ayat 264 Sobat, yakni jangan rusak sedekah dengan perbuatan riya atau pamer dan sombong, serta menyakiti penerima sedekahnya, sehingga akan hilang amalan pahala sedekahnya.

 

QS Ali Imran 92 (Keutamaan dan Kesempurnaan Sedekah)

Pada QS Ali Imran 92 tersebut dijelaskan mengenai keutamaan dan kesempurnaan sedekah adalah pada harta yang paling disayangi. Jadi pengertiannya begini sobat. Bagi orang yang berpenghasilan 100 juta Rupiah maka sedekah sebesar 50 ribu Rupiah itu tak akan terasa berat dan berarti, berbeda dengan orang yang penghasilannya adalah sebesar 75 ribu Rupiah, maka sedekah sebesar 50 ribu Rupiah tersebut akan sangat berat dan berarti buat orang tersebut. Juga dalam pemberian makanan atau pakaian maka jangan sedekahkan makanan atau pakaian sisa atau bekas, yang lebih rendah kualitasnya, tapi akan sempurna sedekahnya jika yang disedekahkan adalah makanan kesukaan dan juga pakaian kesukaan yang sehari-hari dimakan dan dikenakan, yang setara atau lebih tinggi kualitasnya.

 

Sedekah dapat dilakukan kapan saja dalam bentuk apa saja, sangat luas cakupannya, dan tak ada aturan waktu tertentu. Sedekah ialah suatu pemberian kepada orang lain yang niatnya dilakukan di jalan Allah  dengan tujuan mendapat ridho Allah. Bersedekah tidak harus dalam bentuk uang, sobat sudah dapat bersedekah dengan memberikan senyum dan sapaan kepada teman, menghibur kawan yang sedang bersedih, sedekah waktu dengan mengajar tanpa imbalan dan lain sebagainya, sedekah juga bisa melakukannya dengan cara berbagi pikiran dan ide atau saran yang berguna maupun membantu dengan tenaga dan masih banyak lagi contohnya  yang perlu diperhatikan agar sedekah tersebut bernilai pahala maka niatnya harus lurus, ikhlas demi Allah, dan tak berharap imbalan apapun dari manusia.