Bagaimana Cara Sedekah Yusuf Mansur?

Ustad Yusuf Mansur dikenal sebagai ustad yang menyampaikan dakwahnya dengan lembut dan tutur sopan.

Bagaimana Cara Sedekah Yusuf Mansur?

Bagaimana Cara Sedekah Yusuf Mansur?

Ustad Yusuf Mansur dikenal sebagai ustad yang menyampaikan dakwahnya dengan lembut dan tutur sopan. Dalam beberapa kesempatan beliau pernah melakukan tausiyah tentang manfaat sedekah, zakat, infaq dan wakaf. Serta bagaimana cara sedekah Yusuf Mansur karena bagi beliau sedekah merupakan matematika dari Allah S.W.T yang sulit dijabarkan dengan kata-kata.

- - -

Zakat

 

Bagi orang muslim tentu suah tidak asing lagi dengan istilah zakat. Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam ke-empat yang wajib dipenuhi. Zakat wajib dikeluarkan oleh orang muslim dan diberikan kepada mereka-mereka yang sangat membutuhkan.

 

Ada berbagai dua jenis zakat  dalam Islam sesuai dengan keutamaannya masing-masing, yaitu zakat fitrah, dan zakat harta. Zakat fitrah wajib dibayarkan seluruh umat muslim di dunia termasuk bayi yang baru saja lahir ke bumi sehari sebelum Idul Fitri.

 

Zakat fitrah dibayarkan dalam kurun waktu sekali dalam setahun dengan ketentuan yang telah Islam tetapkan. Zakat fitrah akan dibayarkan ketika bulan Ramadhan segera berakhir sebelum menyambut Idul Fitri.

 

Berbeda dengan zakat fitrah, zakat harta wajib dikeluarkan setiap bulannya oleh orang muslim. Seperti zakat penghasilan, namun ada juga yang memiliki masa perhitungan selama satu tahun umur suatu benda yang dimiliki. Tidak hanya harta benda yang mendapat perhitungan, hewan ternak juga wajib memiliki perhitungan zakat yang dibayarkan oleh pemiliknya.

 

Infaq

 

Infaq memiliki makna yang berarti membagi. Infaq dikeluarkan dari harta kita untuk berbagi kepada seseorang yang sedang membutuhkan seperti korban bencana alam, fakir miskin, kerabat yang membutuhkan dan juga fakir miskin. Berbeda dengan zakat, infaq tidak memiliki kewajiban perhitungan hisabnya suatu harta. Anda bisa memberikan infaq dalam jumlah nominal berapapun.

 

Sedekah

 

Berbeda dengan zakat dan infaq, sedekah tidak hanya mencakup tentang harta namun juga perbuatan tanpa terbatas waktu. Sama dengan cara sedekah Yusuf Mansur yang selalu memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan tanpa mengenal waktu kapan saja dan dimana saja.

Bagi beliau memperbanyak sedekah sama saja membuka pintu rezeki sebanyak banyaknya dari berbagai penjuru.

 

Wakaf

 

Mempelajar perbedaan zakat, infaq, sedekah dan wakaf tentu menjadi pengetahuan dasar yang wajib bagi seorang muslim. Makna dari wakaf secara umum adalah memberikan sebagian harta miliknya untuk bisa digunakan oleh banyak orang atau kepentingan umum. Biasanya harta wakaf berupa tanah yang bisa dibangun masjid atau dijadikan kuburan orang muslim.

Wakaf bisa menjadi pahala yang tak akan putus untuk orang muslim bahkan karena termasuk dalam amalan jariyah.

 

Meski demikian keempatnya memiliki keutamaan yang tak ternilai harga di hadapan Allah S.W.T asalkan dilakukan dengan ikhlas dan diberikan kepada mereka yang bena-benar membutuhkan.

Yang paling mudah dilakukan oleh kita adalah memperbanyak sedekah kepada siapa saja yang membutuhkan karena sedekah tidak terus menerus tentang harta seperti cara Sedekah Yusuf Mansur.