Hadiah untuk Santri Kampung Qur'an Sipelot

Bingkisan untuk santri kecil Kampung Qur'an Sipelot

Hadiah untuk Santri Kampung Qur'an Sipelot

Pantai Sipelot terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, di tepi Samudera Indonesia. Di sana, terdapat sebuah kampung binaan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) PPPA Daarul Qur'an. Kampung itu bernama Kampung Qur'an Sipelot.

Perjalanan menuju Kampung Quran Sipelot tidaklah mudah. Butuh waktu tiga jam dari Kota Malang untuk sampai di sana. Secara administratif Kampung Qur'an Sipelot berada di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika dari Kota Malang, untuk mencapai ke sana harus melewati Kecamatan Dampit terlebih dahulu. Meski jalanan sudah mulus aspal, namun medannya berkelok dan naik turun.

Namun semua perjuangan itu terbayar setelah melihat wajah santri yang menyambut kedatangan kami dengan senyum tulus nan ceria. Ya, pada Senin (3/8) kami membagikan daging titipan para pequrban untuk warga kampung Qur'an di sana. Sementara para orang dewasa sibuk membagikan daging qurban, kami mengajak para santri kecil bermain-main di tepian pantai.

Santri putri tampak cantik dengan pakaian hijabnya. Sedangkan santri putra tampak menggemaskan dengan baju koko dan kopiahnya. Kami mengajak santri bermain dan belajar dasar-dasar Islam. Sebanyak 25 santri antusias mengikuti permainan Islam berhadiah menarik ini.

Kebanyakan santri kecil ini masih berusia TK dan SD sehingga permainan yang kami berikan kami kemas amat sederhana, namun insya Allah tetap penuh makna. Kami juga meminta para santri membuat lingkaran dengan sedikit jarak agar tetap terjaga dari wabah.

Permainan sederhana yang kami mainkan sengaja dibuat untuk mengenalkan para santri kepada Rukun Islam dan Rukun Iman. Tak hanya itu, uji hafalan surat-surat pendek pun dilakukan untuk menyemangati para santri kecil ini tetap menghafal Al-Qur'an. Hadiahnya mungkin tak seberapa, hanya seperangkat peralatan sekolah. Namun kebahagiaan para santri menerima hadiah kecil kami menjadi semangat untuk kami terus bergerak dalam dakwah tahfidzul Qur'an ini.

Terima kasih para donatur serta pequrban yang menunaikan ibadahnya di Laznas PPPA Daarul Qur'an dan SedekahOnline.com pada Idul Adha 1441 H/2020 M kali ini. Kebaikan hati Anda telah kami sampaikan kepada para santri kecil ini dan warga Kampung Qur'an Sipelot, Malang. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan, baik dari sedekah maupun qurban dari Anda sekalian. Aamiin.[]