Keutamaan Infak dan Sedekah

Sedekah dan juga infak merupakan dua hal yang sering salah arti.

Keutamaan Infak dan Sedekah

Keutamaan Infak dan Sedekah

Sedekah dan juga infak merupakan dua hal yang sering salah arti. Banyak orang yang menganggap keduanya sama, padahal berbeda. Sedekah dan infak juga memiliki keutamaan tersendiri. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai perbedaan dan juga Keutamaan infaq dan sedekah:

- - -

Perbedaan Infak dan Sedekah

Perbedaan zakat infak sedekah dan wakaf memang masih banyak yang belum mengetahui. Perbedaan antara infak dan sedekah terletak pada apa yang diberikan. Infak biasanya diberikan dalam bentuk uang akan tetapi sedekah ini lebih luas, bisa harta benda, nasihat, dan lainnya.

 

Keutamaan Infak dan Sedekah

1.         Keutamaan infaq dan sedekah yang pertama adalah dapat memudahkan kita sebagai manusia untuk dapat masuk di dalam Surga.

2.         Di Akhirat nanti, para ahli sedekah akan dipanggil untuk dapat masuk surga melalui pintu khusus sedekah yang telah dijelaskan pada Hadits sahih Bukhari 2/1798 yang mana intinya Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa saja ahli sedekah akan dipanggil ke Surga dari pintu sedekah.

3.         Sedekah dan infak dapat menghapuskan dosa-dosa sehingga kita tidak akan merasakan pedihnya pai neraka.

4.         Sedekah dan infak dapat menyucikan jiwa manusia dari sifat sombong dan menanamkan sifat yang dermawan dan juga senang bersedekah

5.         Walaupun sedekah dan infak identik dengan mengeluarkan harta baik berupa uang atau yang lainnya tetapi infak dan sedekah malah dapat melapangkan rezeki.

6.         Keutamaan selanjutnya adalah pada saat hari kiamat dapat membuat seseorang mendapatkan perlindungan dari teriknya padang mahsyar.

7.         Dengan infak dan sedekah dapat menolak bala atau musibah

8.         Infak dan sedekah juga akan membersihkan harta kita yang mana sebagian merupakan bagian dan hak orang lain dan bukan hanya miliki kita saja.

9.         Dengan sedekah dan infak dapat melapangkan hati kita serta dapat melunakkan hati yang terasa keras.

10.       Dengan sedekah dan infak membuat orang lain tidak menderita sehingga kita tidak sombong dan bersenang-senang di atas penderitaan orang lain.

11.       Sedekah dan infak membuat saudara kita yang kekurangan memiliki kesempatan untuk hidup lebih bahagia dan lebih terbantu.

12.       Sedekah dan infak dapat membantu pemerintah dalam mengatasi kemiskinan dan juga mendukung pembangunan berbagai tempat ibadah atau tempat menuntut ilmu menjadi lebih banyak.

 

Penutup

Sebenarnya jika diulik lebih jauh, Keutamaan infaq dan sedekah ini masih banyak sekali. Sejatinya, manfaat ini akan Anda rasakan sesuai dengan keikhlasan Anda sendiri. Jika Anda bersedekah dan infak dengan hati yang tulus dengan niat beribadah kepada Allah dan juga membantu sesama maka Anda akan banyak merasakan manfaatnya. Namun, jika masih disertai dengan kesombongan maka Anda tidak akan mendapatkan apa pun.