Malaikat Mendoakan Kebaikan Sedekah Subuh

Meski kita bisa sedekah kapan pun dan di mana pun. Namun, sedekah Subuh memiliki keutamaan yang patut kita kerjakan.

Malaikat Mendoakan Kebaikan Sedekah Subuh
Ilustrasi waktu Subuh

Subuh ditandai dengan munculnya mentari. Inilah awal tuk memulai segala aktifitas dan pekerjaan. Untuk itu, sepatutnya kita salat Subuh berjamaah dan tunaikan sedekah Subuh sebagai pintu kebaikan dari kebaikan-kebaikan lainnya.

Jika kita memulai hari dengan kebaikan, maka insyaallah kebaikan lainnya akan menyertai kita di sepanjang hari. Begitupun jika kita memulai hari dengan keburukan, naudzubillah keburukan akan menemani kita di sepanjang hari.  

Kaitannya dengan sedekah, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menjadikan sedekah sebagai salah satu amal yang diutamakan. Karena dengan sedekah, kita tak hanya mendapatkan pahala namun juga dapat membahagiakan sesama.

Rasulullah SAW sangat memerintahkan sedekah, sebagaimana dalam hadis berikut:  “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma”. (Mutafaq’alaih)

Di antara keutamaan sedekah Subuh, para malaikat mendoakan kita yang bersedekah. Hal ini pun disampaikan Rasulullah SAW, sebagaimana dalam hadis berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: "Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak", sedangkan yang satu lagi berdoa "Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)." (HR. Bukhari 5/270)

Untuk menunaikan sedekah Subuh, banyak hal yang bisa kita lakukan. Paling mudah, kita dapat menunaikan sedekah Subuh di masjid atau mushola pasca sholat berjamaah. Tak hanya itu, melalui SedekahOnline.com pun kita dapat menunaikan sedekah Subuh untuk berbagai program kebaikan.  (MRIM/ibnumasy10@gmail.com)