Manfaat Bersedekah kepada Anak Yatim

Sedekah adalah salah satu amalan ibadah yang sangat mudah dilakukan.

Manfaat Bersedekah kepada Anak Yatim

Manfaat Bersedekah kepada Anak Yatim

 

Sedekah adalah salah satu amalan ibadah yang sangat mudah dilakukan. Sedekah dapat dilakukan kapan saja dan juga di mana saja serta menggunakan apa saja yang kita miliki. Namun, ada salah satu golongan yang memiliki keistimewaan tersendiri di dunia ini yaitu anak Yatim. Banyak sekali manfaat melakukan bersedekah kepada anak yatim.

 

Anak yatim adalah anak yang tidak memiliki ayah yang mana seorang ayah seharusnya menjadi tulang punggung keluarga yang seharusnya menafkahi keluarga. Banyak anak yatim yang terlantar karena ayahnya meninggal dan otomatis tidak mendapatkan nafkah secara penuh.

Oleh karena itu, sangat utama jika Anda menyedekahkan kebaikan Anda kepada mereka. Banyak yang bisa Anda sedekahkan misalnya; uang, baju, seragam, beras, bahkan Anda pun juga bisa menyedekahkan nasi kotak untuk makan satu kali. Banyak manfaat yang dirasakan, yaitu sebagai berikut:

 

Manfaat Bagi Anda Sendiri

 

Pertama, sedekah kepada anak yatim akan memberikan manfaat yang besar pada diri Anda sendiri. Anda bisa mendapatkan kepuasan tersendiri setelah memberikan kebaikan kepada anak yatim jika memang pemberian ini dilakukan secara ikhlas.

 

Selain itu, Anda akan terhindar dari sifat sombong karena hati yang ikhlas memberi akan lebih tersentuh dengan keprihatinan mereka. Anda juga akan lebih terbuka wawasannya serta tidak melakukan kegiatan yang menghambur-hamburkan uang sebab banyak orang yang lebih membutuhkan dari pada kesenangan duniawi saja.

 

Manfaat Bagi Anak Yatim yang Menerima

 

Sedangkan yang paling utama adalah manfaat bagi anak yatim itu sendiri. Anak yatim yang diberikan kebaikan seperti makanan, bahan makanan mentah, baju, dan lainnya pasti akan sangat senang. Mereka yang tidak mendapatkan kasih sayang seorang ayah tetapi masih mendapatkan kasih sayang dari orang lain.

 

Mereka yang tidak merasakan mendapatkan biaya yang cukup dari ayahnya mendapatkan kebaikan dari orang lain. Anak yatim akan merasa dia tidak sendiri di dunia, merasa senang banyak yang membantu dan kebahagiaan mereka tidak direnggut dengan keadaan, mereka akan merasa masih ada harapan untuk hidup dan berjuang tanpa ayah.

 

Manfaat Religi yang Anda dapatkan

 

Selain manfaat bagi Anda sendiri, manfaat dari bersedekah kepada anak yatim ini juga dapat menjadi lahan pahala bagi Anda. Dengan ketulusan Anda membantu orang lain maka Anda pun pasti akan dibantu oleh Allah SWT. Dengan sedekah, pahala Anda akan tetap mengalir sampai mati, menjauhkan diri dari api neraka, dan lain sebagainya.

Itu tadi 3 manfaat utama dari sedekah kepada anak yatim yang memiliki perbedaan zakat infak sedekah dan wakaf. Lakukan sedekah dengan hati yang tulus ikhlas. Berikan sedekah Anda tanpa merendahkan mereka, serta berikan dukungan yang bauk untuk mereka maka semua manfaat akan Anda rasakan.