Manfaat Sedekah Kepada Anak Yatim

Dalam Islam, anak yatim mendapatkan tempat yang sangat spesial.

Manfaat Sedekah Kepada Anak Yatim

Manfaat Sedekah Kepada Anak Yatim

 

Dalam Islam, anak yatim mendapatkan tempat yang sangat spesial. Hal tersebut didukung dengan adanya  penyebutan anak yatim di dalam 22 surat di dalam Al-Quran. Keistimewaannya inilah yang membuat kita, umat Islam harus memberikan sedekah kepada anak yatim dan orang yang membutuhkan lainnya. Adapun keutamaan manfaat sedekah kepada anak yatim sebagai berikut.

- - -

Amalan yang Tak Akan Putus

 

Ingat sabda nabi Muhammad S.A.W tentang tig amalan yang tidak akan putus? Ilmu yang bermanfaat, doa anak yang soleh, dan amal jariyah. Bersedekah kepada anak yatim merupakan salah satu amalan jariyah yang akan menolong anda sesudah meninggal.

Meski sedekah yang diberikan tidaklah banyak, namun Allah S.W.T tidak melihat dari nominalnya, namun menilai dari ketulusan dan keihlasan hati anda ketika memberi sedakah.

 

Menjauhkan Diri Dari Api Neraka

 

Keutamaan bersedekah kepada anak yatim juga dapat menjauhkan anda dari panasnya api neraka yang membara. Selain itu, Allah S.W.T menjanjikan surga bagi mereka yang gemar melakukan sedekah dan menunaikan kewajiban zakat.

 

Kita perlu paham tentang perbedaan zakat, infaq, sedekah dan wakaf agar pahala yang ditabung

memiliki tempatnya masing-masing dan selalu sama porsinya.

 

Melapangkan Hati

 

Sedekah bukan hanya tabungan kita untuk memperoleh surga di akhirat kelak, namun juga sebagai salah satu cara bagaimana menyejukkan dan membuat hati tenang. Dengan sering bersedekah tidak ada ketakutan akan kehilangan harta benda karena tahu bahwa harta hanyalah titipan semata dan di dalam harta tersebut ada hak orang lain yang diberikan.

 

Orang-orang yang selalu dengan ikhlas melakukan sedekah akan selalu lapang hatinya, sabar dalam menghadapi ujian dari Allah S.W.T.

 

Menutup Aib Manusia

 

Tahukah anda bahwa manfaat sedekah kepada anak yatim lainnya adalah dapat menutup aib manusia? Hal tersebut diungkapkan oleh Imam Syafii. Beliau mengatakan bahwa tidak ada celaan sedikitpun bagi orang yang senang melakukan sedekah terutama kepada anak yatim.

 

Terhindar Dari Bencana

 

Beruntung bagi orang-orang yang selalu bersedekah di dalam hidupnya. Kenapa? Sedekah menyelamatkan seseorang dari bencana yang bisa sewaktu-waktu menimpa siapa saja. Namun, Alllah S.W.T akan selalu melindungi orang-orang soleh yang selalu melakukan sedekah. Sedekah juga mampu menutup pintu-pintu kejahatan yang ada di dunia.

 

Sedekah memiliki keutamaan yang sangat hebat. Orang-orang yang gemar bersedekah akan mendapatkan berkah baik di dunia maupun di akhirat. Islam selalu mengajarkan tentang kebenaran dan kebaikan termasuk melakukan sedekah kepada anak yatim.

 

Manfaat sedekah kepada anak yatim sudah di jamin surga oleh Allah S.W. asalkan kita melakukannya dengan ikhlas tidak mengharapkan pamrih sedikitpun, dan tidak riya untuk mendapat sanjungan dari orang lain. Jangan pula kita mengambil hak anak yatim karena siksa neraka amat pedih menanti di akhirat.