Paket Logistik untuk Kampung Qur'an Dasan Lekong Mulai Didistribusikan

Paket Logistik untuk Kampung Qur'an Dasan Lekong Mulai Didistribusikan

Ratusan paket logistik untuk warga Kampung Qur'an Dasan Lekong yang menjadi korban kebakaran hebat pada Sabtu (3/10/2020) lalu mulai didistribusikan. Bantuan untuk dusun yang terletak di Kabupaten Lombok Utara ini berasal dari berbagai komunitas dan lembaga kemanusiaan yang bersimpati atas musibah ini.

Kebakaran yang menyebabkan hangusnya puluhan rumah dan sebuah masjid ini telah membuat para santri penghafal Qur'an dan keluarganya dari Kampung Qur'an ini kehilangan tempat tinggal. Akhirnya, mereka mengungsi di asrama dan aula Rumah Tahfidz Daarul Qur'an yang menjadi posko induk bagi para korban terdampak kebakaran. 

"Kebakaran yang terjadi di Kampung Qur'an Dasan Lekong telah menghanguskan sebuah bangunan masjid yang dulu pernah kita bangun bersama donatur SedekahOnline.com serta PPPA Daarul Qur'an, dan warga. Selain mesjid, kebakaran juga menghanguskan 20 unit rumah," ujar Koordinator Lapangan Tim Program Laznas PPPA Daarul Qur'an Sunaryo pada Selasa (6/10/2020) malam di lokasi, saat mengkoordinir pendistribusian logistik untuk warga.

Ia melanjutkan, sumber api dari kebakaran hebat ini berasal dari rumah warga yang sedang ditinggal pergi pemiliknya ke Mataram. "Pemilik rumah sedang ada keperluan ke Mataram. Di sekitarnya ada beberapa rumah yang juga hangus terbakar. Tidak jauh dari rumah yang terbakar adalah bangunan masjid yang biasa digunakan para santri penghafal Qur'an untuk belajar mengaji, salat berjamaah, dan melakukan beragam aktivitas keagamaan. Masjid tersebut hangus tak bersisa dan hanya meninggalkan pondasinya saja. Saking panasnya api bahkan sampai membuat keramik masjid hancur," ujarnya.

Meski demikian, ia bersyukur tak ada jatuh korban jiwa dalam musibah ini. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Masyarakat cukup sigap menyelamatkan diri dan keluarganya," pungkasnya.

Sobat Baik, yuk kita dampingi para penghafal Qur'an dan warga Kampung Qur'an Dasan Lekong untuk bangkit dari musibah kebakaran ini. Agar lantunan ayat-ayat suci para santri bisa kembali bergema di sana. Klik: Bantu Kampung Qur’an Dasan Lekong Lombok Bangkit Dari Kebakaran Hebat