Para Mahasiswa Ini Merintis Program KampungQu Sehat Kali Code

Para Mahasiswa Ini Merintis Program KampungQu Sehat Kali Code
Para Mahasiswa Ini Merintis Program KampungQu Sehat Kali Code

Oleh Alfi Syahrin, BTQ for Leaders Yogyakarta Angkatan ke-2

Pada Sabtu hingga Ahad (26-27/9/2020) lalu, mahasiswa penerima program Beasiswa Tahfidz Qur’an (BTQ) for Leaders Laznas PPPA Daarul Qur'an yang bekerja sama dengan SedekahOnline.com menyelenggarakan pendampingan program pemberdayaan komunitas bertajuk “KampungQu Sehat”. Kegiatan ini diselenggarakan di daerah bantaran Kali Code di RT 27/RW 006 Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Sesuai dengan tema yang diusung, KampungQu Sehat adalah program pendampingan yang merespon kebutuhan nutrisi masyarakat pinggiran. KampungQu Sehat memiliki aktivitas program pendampingan bercocok tanam di tengah kota pada tahap 1, juga beternak lele dengan metode Budikdamber pada tahap 2. Budidaya ikan dalam ember atau dikenal dengan budikdamber adalah suatu metode pemeliharaan ikan dengan media yang mudah ditemukan dan bisa dimanfaatkan seperti ember atau tong bekas. 

Program KampungQu Sehat dihadiri oleh sekitar 15 orang remaja masjid Al-Hikmah Terban, dengan harapan anak muda ini bisa memanfaatkan waktunya terutama selama masa pandemi dengan bercocok tanam dan memelihara ikan. Acara ini sekaligus menjadi kegiatan baru di lingkungan remaja Masjid Al-Hikmah.

Perwakilan mahasiswa, Muhammad Muwafiqudin, menyampaikan, “Dengan adanya program KampungQu Sehat ini, remaja masjid kini memiliki kegiatan baru juga sekaligus untuk melatih tanggungjawab para remaja masjid, serta mengajarkan usaha yang istiqomah akan memetik hasilnya nanti.” Muhammad saat ini telah memiliki hafalan Al-Qur’an sebanyak 17 juz.

KampungQu Sehat adalah program garapan pertama BTQ for Leaders wilayah Yogyakarta selama pandemi. Sebelumnya juga pernah mengadakan program seperti mengajar TPA, cek kesehatan gratis, dan lainnya. Pada hari pertama, para peserta pelatihan diajak untuk memetakan dan membereskan tempat yang akan dijadikan lahan. Untuk lahan utama itu memanfaatkan tanah wakaf masjid Al-Hikmah, kemudian bantaran kali untuk lahan tambahannya. Dan untuk pelatihan dan praktek bercocok tanam ini dilakukan pada hari kedua.

Program KampungQu Sehat ini menghadiri fasilitator yang mana ia seorang praktisi urban farming dan Budikdamber juga seorang takmir masjid. Pada materinya ia menceritakan keseruannya bercocok tanam di rooftop masjidnya kemudian menularkan hobinya itu kepada teman teman remaja masjid. Semoga dengan program KampungQu Sehat dapat memberikan manfaat pada masyarakat Kali Code, khususnya kepada para remaja masjid Al-Hikmah.

“Semoga program ini bisa menjadi latihan masyarakat tentang ketahanan pangan secara mandiri di Kali Code, terimakasih kawan-kawan BTQ for Leaders, terima kasih para donatur Laznas PPPA Daarul Qur’an dan SedekahOnline.com,” ujar Ketua Takmir Masjid Al-Hikmah Kali Code, Ustadz Ruchan.

Sobat Baik ingin menjadi bagian yang ikut menciptakan masa depan Indonesia yang dipenuhi para penghafal Qur'an? Yuk klik: Bersama Wujudkan Generasi Rabbani Berakhlak Al-Qur'an