Perbedaan zakat infak dan sedekah

Salah satu bentuk ibadah, selain sholat dan puasa adalah dengan bersedekah atau shadaqah.

Perbedaan zakat infak dan sedekah

Salah satu bentuk ibadah, selain sholat dan puasa adalah dengan bersedekah atau shadaqah. Tapi tahukah sobat apa yang dimaksud dengan sedekah itu, dan bedanya dengan zakat, dan juga infak. Masih banyak sobat muda yang menyamakan semua itu sebagai sedekah, hal itu tidak sepenuhnya salah sih Sobat, tapi ada juga perbedaan antara ketiganya dengan secara lebih spesifik. Nah, simak pembahasannya berikut ini.

- - -

Apa itu Sedekah

 

Sedekah atau Shadaqah itu sunah hukumnya sobat, jadi kalau dilakukan maka akan mendatangkan pahala, sedangkan jika ditinggalkan tidak berdosa. Sedekah juga dapat dilakukan kapan saja  dalam bentuk apa saja, sangat luas cakupannya, dan tak ada aturan waktu tertentu.

 

Apa itu Zakat

 

Zakat itu wajib hukumnya, jika dilakukan maka akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Jadi ingat ya sobat, zakat itu wajib hukumnya. Waktu pelaksanaan zakat juga tertentu saja, ada aturan dan batasan waktunya. Pengertian zakat ialah mengambil sebagian harta dengan ketentuan aturan tertentu untuk diberikan kepada kelompok tertentu yang terdiri dari 8 golongan masyarakat yang disebut asnaf. Manfaat zakat adalah untuk membersihkan harta, sebagaimana QS. At Taubah : 103. Orang yang mengeluarkan zakat disebut sebagai muzakki dan yang menerima zakat disebut sebagai mustahiq. Zakat terdiri atas sebagai berikut.

 

Zakat Fitrah

 

Zakat yang dilakukan pada bulan Ramadhan dengan batas waktu sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri. Adapun besaran jumlah zakat fitrah itu sobat ialah senilai sekitar 3,5 liter atau 2,5 kilogram bahan makanan pokok.

 

Zakat Maal

 

Zakat yang dilakukan setahun sekali atas kepemilikan senilai harta yang telah mencapai nisab atau nilai tertentu.

 

Adapun ke delapan golongan masyarakat yang berhak menerima zakat itu sesuai QS. At Taubah : 30 adalah sebagai berikut.

 

Fakir

 

Fakir adalah orang yang tak memiliki harta untuk menyambung hidup dan memenuhi hidupnya.

 

Miskin

 

Miskin adalah orang yang tak berkecukupan dan sangat terbatas kemampuan hidupnya.

 

Amil

 

Amil adalah petugas yang bekerja terkait dengan upaya pengumpulan zakat, pencatatannya hingga pendistribusiannya kepada yang berhak.

 

Mualaf

 

Mualaf ialah non muslim yang baru menyatakan dirinya memeluk agama Islam.

 

Gharimin 

 

Gharimin adalah orang yang berhutang untuk kepentingan sosial.

 

Riqab

 

Riqab adalah budak atau hamba sahaya.

 

Ibnu Sabil

 

Ibnu Sabil adalah musafir atau pelajar yang merantau.

 

Fii Sabilillah

 

Fii Sabilillah adalah orang yang berjuang di jalan Allah.

 

Apa itu Infak

 

Infak adalah sedekah berupa harta, hukumnya sunah dan tidak terbatas waktu. Menurut ahli fiqih, maka pengertian infak ialah semua jenis pengeluaran seorang muslim untuk kepentingan diri sendiri, dan keluarga, juga masyarakat. Infak bisa menjadi wajib jika berupa kafarat atau nadar, infak juga bisa menjadi wajib kifayah yang harus dilakukan jika belum ada yang melakukannya padahal sangat diperlukan.

 

Itulah sobat, perbedaan zakat, infak dan sedekah. Yuk kumpulkan pahala dan penuhi hak orang lain atas harta kita dan bersihkan harta kita dengan melakukan sedekah, juga infak dan zakat sesuai waktunya dan besarannya. Jangan tunda-tunda perbuatan baik, tak ada yang tahu kapan ajal akan tiba.