Sedekah yang Sering Kali Diniatkan untuk Orang Lain yang Sudah Meninggal

Sedekah adalah salah satu kegiatan untuk memberikan kebaikan dari satu orang ke orang lain, baik itu dalam bentuk harta, benda, atau yang lainnya.

Sedekah yang Sering Kali Diniatkan untuk Orang Lain yang Sudah Meninggal

Sedekah yang Sering Kali Diniatkan untuk Orang Lain yang Sudah Meninggal

Sedekah adalah salah satu kegiatan untuk memberikan kebaikan dari satu orang ke orang lain, baik itu dalam bentuk harta, benda, atau yang lainnya. Sedekah memiliki keutamaan yang sangat banyak khususnya dapat menghindarkan seseorang dari api neraka. Oleh karena itu, banyak orang yang niat sedekah untuk orang lain khususnya bagi orang yang sudah meninggal dunia.

- - -

Dalam ibadah memang tergantung pada niatnya, banyak orang yang ingin sekali menyedekahkan harta bendanya kepada orang lain dengan niat untuk memberikan pahala yang lebih bagi orang yang sudah meninggal. Yang sering dilakukan oleh masyarakat kita dalam niat sedekah untuk orang lain antara lain seperti berikut:

 

Sedekah Menggunakan Harta Milik Si Pemberi dengan Niat untuk Orang Lain

 

Pertama, biasanya ada yang menyedekahkan harta miliknya dengan niat untuk orang lain. Hal ini sering kali dilakukan oleh anak untuk kedua orang tuanya. Menurut beberapa ulama, hal ini diperbolehkan dan insya Allah sedekah yang diniatkan kepada orang lain ini akan sampai kepada orang yang telah meninggal tersebut.

 

Hal ini boleh dilakukan dan amalannya akan sampai kepada orang tua jika kita berdasar pada hadis Riwayat Muslim yang artinya akan terputus amalan seorang manusia saat mati, kecuali 3 perkara yaitu sedekah yang berlaku terus menerus, pengetahuan yang dimanfaatkan, dan anak Sholeh yang mendoakan.

 

Sedekah dengan Menggunakan Harta Peninggalan Orang Lain

 

Selanjutnya, sering kali masyarakat juga akan menyedekahkan harta peninggalan dari orang yang meninggal kepada orang lain sehingga niatnya jelas untuk orang lain tersebut. Hal ini sering kali dilakukan oleh anak kepada orang tuanya, orang tua untuk anaknya, suami untuk istrinya istri untuk suaminya dan lain sebagainya.

 

Hal ini juga diperbolehkan jika menurut beberapa ulama, sebab hal ini juga termasuk dengan sedekah Jariyah dan insya Allah amalan tersebut dapat mengalir ke orang yang telah meninggal tersebut. Namun, hal ini juga harus dilihat dari niatnya karena harta peninggalan biasanya sudah milik ahli waris.

 

Sedekah dengan Menggunakan Doa

 

Jika Anda sudah memahami tentang perbedaan zakat infak sedekah dan wakaf maka Anda akan paham mengenai sedekah dengan doa ini. Anda tidak perlu melakukan sedekah dengan menggunakan uang atau harta yang lain. Anda dapat bersedekah kepada orang yang telah meninggal dengan doa. Dengan doa tersebut maka orang yang sudah meninggal akan mendapatkan ketenteraman di alam kubur.

 

Apalagi jika sedekah doa ini digunakan sebagai niat sedekah untuk orang lain yaitu orang tua. Seseorang yang meninggal akan terputus amalannya kecuali anak yang Sholeh yang sering mendoakannya. Oleh karena itu, orang tua akan terus mendapatkan amalan yang baik dari doa yang Anda panjatkan.