Semangat Kaum Ibu di Wisuda Tahfizh Kaliwadas

Belasan kaum ibu begitu bersemangat membacakan hafalan al-Qur’an sesuai kategori wisudanya masing-masing.

Semangat Kaum Ibu di Wisuda Tahfizh Kaliwadas

Belasan kaum ibu nampak berpartisipasi menjadi peserta pada gelaran Wisuda Tahfizh ke-6 yang diselenggarakan Rumah Tahfizh Daarul Qur’an Kaliwadas, Desa Pagon, Purwadadi, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (12/1/2019). Para ibu ini begitu bersemangat membacakan hafalan al-Qur’an sesuai kategori wisudanya masing-masing.

Salah satunya Hajah Ade (62) yang mulai menghafal surat an-Naml sejak September 2018 lalu. Hajah Ade yang tak lagi muda itu berhasil menghafalkan 93 ayat dari surat tersebut dalam waktu kurang lebih satu bulan. Ia mengaku menghafal untuk memperbaiki bacaan shalatnya.

“Saya menghafal sebab ingin betulin bacaan salat dan memberikan motivasi kepada anak-anak muda agar mau ngaji dan menghafal. Saya ingin orang di Kaliwadas ini tergerak hatinya. Nenek-nenek saja bisa menghafal, kok yang muda tidak bisa," kata Hajjah Ade.

Rumah Tahfizh Kaliwadas telah berdiri sejak tiga tahun lalu. Dari rumah tahfizh ini lahir banyak penghafal al-Qur’an. Bahkan tak sedikit santri yang kemudian dikirim ke Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus untuk melanjutkan hafalan Qur’annya di sana.

Semangat menghafal yang tinggi dari para santri rumah tahfizh ini diakui oleh pendiri Rumah Tahfizh Kaliwadas, Rodin Sudrajat (43). Menurutnya, jarak 10 hingga 15 kilometer bukanlah penghalang bagi para santri untuk datang dan menghafal al-Qur’an. 

Santrinya pun tak sedikit. “Saat ini Rumah Tahfizh Kaliwadas menampung lebih dari 200 santri yang tinggal di sekitar Kecamatan Purwadadi,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan wisuda tahfizh Rumah Tahfizh Kaliwadas ini digelar guna memotivasi para santrinya untuk menghafal al-Qur’an. Wisuda tahfizh ini dimulai dari surat An-Naml, Ar-Rahman hingga juz 26-30. Selain kaum ibu, kegiatan ini juga diikuti oleh anak-anak dan remaja. [PPPA/mnx]