Apa yang Dimaksud dengan Sedekah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat majemuk dan memiliki ketimpangan yang cukup mencolok dibandingkan dengan negara-negara yang lainnya.

Apa yang Dimaksud dengan Sedekah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Apa yang Dimaksud dengan Sedekah? Berikut Penjelasan Lengkapnya

 

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat majemuk dan memiliki ketimpangan yang cukup mencolok dibandingkan dengan negara-negara yang lainnya. Ketimpangan yang dimaksud adalah pendapatan masyarakat sangat berbeda, bahkan bisa dikatakan yang miskin semakin miskin, yang kaya makin kaya. Lalu apa yang bisa dilakukan? Salah satunya adalah dengan melakukan sedekah. Apa yang dimaksud dengan sedekah itu?

 

Sering kali kita melihat gambar orang memberi sedekah adalah tangan yang menghadap ke bawah, apa artinya? Berikut beberapa hal yang dapat Anda pelajari dari bab sedekah:

 

Apa Pengertian Sedekah? Apa Perbedaannya dengan Infak?

 

Kata sedekah sebenarnya berasal dari bahasa arab yang artinya memberi kepada orang lain dengan suka rela atau cuma-cuma. Pemberian ini dilakukan tanpa mengenal waktu dan juga jumlahnya. Lalu, apa Perbedaan zakat infak dan sedekah?

 

Infak dan sedekah merupakan dua hal yang berbeda akan tetapi sering kali disamakan karena sama-sama memberikan kepada orang lain. Tetapi, infak merupakan kegiatan memberi dengan sebagian penghasilan yang didapatkan untuk orang lain yang membutuhkan.

Sedangkan sedekah maknanya lebih luas. Sedekah tidak hanya bisa diberikan dalam bentuk materi saja akan tetapi dalam bentuk yang bermacam-macam sehingga Anda dapat melakukan sedekah dalam bentuk apa pun.

 

Dasar Hukum dalam Bersedekah

 

Allah memberikan suatu perintah kepada manusia untuk selalu memberikan sedekah. Allah memberikan peringatan kepada manusia untuk bersedekah. Ayat alqur-an tentang keutamaan sedekah misalnya adalah Q.S Al-Baqarah bahwa siapa yang menyedekahkan berbagai hal di jalan Allah maka akan dilipatgandakan.

 

Selain itu juga ada Hadits yang memberikan informasi mengenai keutamaan dari sedekah. Salah satunya adalah Hadits riwayat Al-Baihaqi yang mengatakan bahwa untuk mendatangkan rezeki dai Allah maka hendaknya melakukan sedekah.

 

Mengapa kita Harus Bersedekah?

 

Jika berbicara mengenai mengapa kita harus bersedekah maka jawabannya banyak sekali. Yang pertama adalah mendatangkan pahala dari Allah SWT. Sedekah juga akan mengurangi kemurkaan Allah dan juga akan mengurangi kepedihan yang terjadi saat sakaratul maut. Allah juga menjanjikan akan memberikan rezeki yang berlipat ganda jika kita melakukan sedekah.

 

Mungkin bagi sebagian orang masih bingung bukan? Mengapa kita mengeluarkan harta akan tetapi kita malah yang mendapatkan rezeki yang berlipat-lipat. Balasan yang berlipat-lipat ini terkadang sangat jarang diketahui dan dirasakan, bahkan efeknya mungkin tidak langsung.

 

Misalnya saja, Anda bersedekah pada salah seorang anak yatim yang tidak mampu. Sedekah Anda digunakan untuk bersekolah. Lalu, anak tersebut akhirnya pintar dan menjadi dokter, saat Anda tua dan ternyata Anda sakit dan tanpa memiliki sepeser pun uang lalu anak yang pernah Anda bantu dahulu menggratiskan semua biaya pengobatan. Hal tersebut hannyalah sebuah contoh. Banyak berbagai balasan baik dari bersedekah. Niatkan untuk bersedekah membantu orang lain dan bukan mengharap adanya imbalan.

 

Sedekah juga sangat bermanfaat untuk orang-orang yang kurang mampu. Bayangkan saja jika semua orang mampu melakukan sedekah kepada orang-orang yang tidak mampu? Pasti akan mengurangi pekerjaan pemerintah dalam mengatasi krisis.

 

Sedekah yang Paling Baik

 

Setelah menyimak beberapa penjelasan di atas maka selanjutnya adalah akan membahas tentang Bentuk sedekah yang paling baik itu bagaimana, dan lain sebagainya. Jika dilihat dari objeknya maka Sedekah yang paling utama kepada siapa terjawab kepada keluarga dan juga kerabat terdekat. Jangan sampai Anda bersedekah kepada orang lain yang jelas hukumnya sunah akan tetapi ternyata yang menjadi kewajiban untuk menghidupi anak dan istri malah diabaikan. Hal ini banyak terjadi di sekitar lingkungan kita.

 

Hadits sedekah yang paling utama yaitu Hadits Ahmad Nomor 22430 yang mengatakan bahwa Sedekah yang paling baik adalah sedekah kepada kerabat yang menyembunyikan permusuhan.  Hal ini perlu diperhatikan kembali sebab banyak orang yang lupa dengan keluarga hanya untuk terlihat peduli sosial di sekitar masyarakat.

 

Keluarga dan juga kerabat menjadi salah satu tempat bersedekah yang tepat. Karena Anda akan menyaksikan banyak Keajaiban sedekah kepada orang tua seperti rezeki yang makin melimpah, orang tua menjadi lebih senang dan lebih giat mendoakan yang terbaik untuk anaknya, dan lain sebagainya.

 

Macam-macam Bersedekah

 

1. Sedekah Tenaga, Pikiran, dan Tindakan

Anda bisa bersedekah dengan tenaga, pikiran, dan juga tindakan. Anda bisa menyedekahkan tenaga untuk tetangga yang tertimpa musibah. Anda bisa menyedekahkan pikiran seperti mengajarkan berbagai ilmu kepada anak-anak atau orang lain.

Serta yang terakhir adalah tindakan. Anda bisa bertindak apa saja untuk bersedekah, misalnya ketika suatu peraturan yang dibuat oleh kepala kantor Anda ternyata sangat bertentangan dengan visi misi perusahaan lalu Anda mengusahakan untuk kebaikan teman dan juga kantor maka Anda juga sudah termasuk bersedekah. Bahkan dengan senyum saja Anda sudah termasuk beribadah.

 

2. Sedekah Materi

Yang paling banyak terjadi adalah dengan menggunakan sedekah materi. Materi yang dimaksud di sini adalah berupa apa saja seperti uang, baju, tas, dan lain sebagainya. Anda dapat menyedekahkan apa saja yang masih layak guna bagi orang yang lebih membutuhkan.

 

3. Sedekah Perkataan

Anda juga bisa bersedekah dengan perkataan. Anda yang merasa ilmu agamanya sudah cukup baik dapat melakukan nasehat atau melakukan ceramah di beberapa tempat sehingga Anda bisa menyampaikan ayat atau dapat menyampaikan Hadits.

 

Adab Orang yang Bersedekah

 

1. Sebaiknya Memberikan Sedekah Sebelum Diminta

Pertama, sebaiknya Anda memberikan sedekah sebelum orang tersebut meminta atau menghutang. Biasanya di setiap lingkungan khususnya orang desa pasti ada saja yang tingkat ekonominya paling bawah dan tidak sanggup melakukan apa pun. Anda bisa menyedekahkannya secara langsung tanpa harus menunggu orang tersebut meminta-minta kepada Anda.

 

2. Sebaiknya Tidak Perlu Diketahui Orang Lain

Sebenarnya, Anda boleh saja bersedekah dengan diketahui oleh orang banyak akan tetapi terkadang manusia masih memiliki rasa kesombongan. Oleh karena itu, dengan bersedekah diam-diam tanpa diketahui orang lain maka Anda akan lebih terhindar dari Riya’

 

3. Menjaga Kerahasiaan Saat Bersedekah

Tidak hanya pada saat memberikan saja akan tetapi juga seterusnya. Karena ada yang biasanya memberikannya ikhlas dan aman-aman saja akan tetapi tidak bertahan lama lalu menggembor-gemborkannya di mana saja. Jika tidak ada hati yang sombong maka sangat hebat.

 

4. Bersikap Ramah Kepada orang yang Meminta

Di atas sudah dibahas mengenai Apa yang dimaksud dengan sedekah maka adab lainnya adalah harus bersikap baik kepada peminta, jika ingin menolak maka tolaklah dengan halus sehingga tidak menyakiti hatinya.

 

Itu tadi macam-macam informasi mengenai sedekah, dari mulai menjawab tentang  kaya makin kaya. Lalu apa yang bisa dilakukan? Salah satunya adalah dengan melakukan sedekah. Apa yang dimaksud dengan sedekah sampai adab dalam sedekah. Semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat memotivasi Anda yang ingin bersedekah namun juga dengan jalan yang baik dan benar tanpa meninggalkan hak dan kewajiban.