Inilah Waktu Sedekah yang Paling Baik

Semua bentuk ibadah tentunya akan berbuah pahala untuk orang-orang yang menjalankan, termasuk sedekah.

Inilah Waktu Sedekah yang Paling Baik

Inilah Waktu Sedekah yang Paling Baik

 

Semua bentuk ibadah tentunya akan berbuah pahala untuk orang-orang yang menjalankan, termasuk sedekah. Tidak perlu bertanya lagi mengenai pengertian dari apa yang dimaksud dengan sedekah sekarang, karena sebagian banyak orang bahkan mungkin sobat sudah tahu mengenai arti dan tujuan ibadah tersebut. Sedekah adalah salah satu dari sekian banyak bentuk ibadah yang selain akan mendatangkan pahala namun juga membantu pada sesama manusia. Tidak ada batasan untuk sobat dan orang lain untuk memberikan sedekah kepada siapa, berapa besaran sedekah, kapan memberi sedekah, dan dalam bentuk apa sedekah tersebut. Tapi, tahukah sobat jika ada beberapa waktu jika dilakukan dalam bersedekah menjadi sedekah yang paling baik atau utama? Berikut waktu sedekah paling utama tersebut yang perlu untuk sobat ketahui. 

 

Waktu-Waktu Sedekah yang Paling Baik

 

1. Sedekah dalam Keadaan atau Kondisi Tubuh Sehat

Saat sobat berada dalam kondisi tubuh baik dan sehat, sobat akan memiliki banyak kekurangan untuk melakukan berbagai macam hal. Nah bagi sobat yang sedang ingin sekali mengejar sesuatu atau keuntungan duniawi, disarankan untuk bersedekah. Misalnya saja sobat adalah seorang anak muda yang sedang berjuang menggapai cita-cita, tentunya dalam masa ini sobat akan merasa sangat sulit atau bahkan malas untuk mengeluarkan harta untuk digunakan sedekah. Harta tersebut tentu saja akan dicurahkan untuk mengejar kesuksesan di dunia yang diinginkan. Maka dari itu, butuh hati yang benar-benar ikhlas untuk bersedekah tanpa mengharap mendapatkan imbalan dan hanya berharap ridho dari Allah SWT saja. Sedekah dari sobat yang dalam keadaan sehat, bisa disalurkan pada sobat lain yang sedang sakit atau benar-benar membutuhkannya untuk tambahan biaya hidup. 

 

2. Sedekah dalam Keadaan Tidak Menjelang Kematian

Waktu sedekah yang paling baik selanjutnya adalah saat tidak dalam keadaan atau kondisi menjelang kematian. Ketika sobat atau seseorang lainnya sedang dalam keadaan terdesak atau sedang menjelang kematian biasanya baru memiliki dorongan untuk melakukan ibadah seperti sedekah. Hal itu karena mengharapkan mendapatkan keselamatan pada saat di alam barzah nanti. Padahal Rasulullah SAW selalu mengingatkan dan mewanti-wanti agar umatnya jangan sampai baru terdorong untuk bersedekah ketika sudah dekat dengan ajal. Itu karena sudah tidak dapat dikatakan sedekah melainkan harta waris. Jadi, sobat jangan tunggu sampai sakit-sakitan ataupun sekarat untuk bersedekah, mulailah sedekah dari sekarang karena sobat tidak harus bersedekah dengan jumlah yang besar melainkan paling penting sobat ikhlas melakukannya.

 

3. Sedekah dalam Keadaan Ingin Menjadi Kaya

Ketika sobat dalam keadaan ingin sekali menjadi kaya, sangat disarankan untuk bersedekah. Hal itu karena saat orang ataupun sobat ingin kaya, saat itulah sobat menjadi kikir atau pelit sehingga sulit mengeluarkan harta untuk dibagikan kepada sesama. Kebanyakan orang yang sedang mengejar kesuksesan dan kekayaan pasti akan membutuhkan hartanya untuk mencapai target tersebut. Jadi dapat disimpulkan jika sobat yang sedang berniat atau ingin sekali menjadi kaya, sedekahnya akan lebih bernilai dibanding sedekah dari orang yang tidak ingin kaya, seperti yang digambarkan oleh Rasulullah SAW. 

 

Itulah beberapa waktu sedekah yang paling baik. Semoga dengan membaca artikel ini, sobat dan semuanya menjadi lebih sadar untuk memulai sedekah dari sekarang apalagi di waktu-waktu terbaik.