Perbedaan antara Zakat, Infak, dan Sedekah

Sebagai seorang muslim pasti Anda sering kali mendengar istilah Zakat infak dan sedekah.

Perbedaan antara Zakat, Infak, dan Sedekah

Perbedaan antara Zakat, Infak, dan Sedekah

Sebagai seorang muslim pasti Anda sering kali mendengar istilah Zakat infak dan sedekah. Bahkan kita sendiri sering melakukannya akan tetapi pasti masih ada yang tidak tahu perbedaannya. Ketiga hal tersebut memang sering dilakukan dan memiliki cara yang sama yaitu memberikan kebaikan Anda kepada orang lain sehingga terlihat sama.

- - -

Zakat infak dan sedekah perlu dipahami karena berbeda dan niatnya pun juga seharusnya berbeda. Jangan sampai Anda melakukan ketiga hal tersebu tetapi tidak tahu apa keutamaan dan juga manfaatnya. Sebab dengan mengetahui apa arti dan keutamaannya maka Anda dapat meluruskan niat. Lalu apa sebenarnya perbedaan zakat infak sedekah dan wakaf tersebut? Berikut penjelasannya secara lengkap:

 

Zakat

 

Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seseorang kepada orang lain. Zakat memiliki hukum yang wajib seperti Syahadat, Shalat, Puasa, dan Naik Haji bagi yang mampu. Zakat dikeluarkan untuk membersihkan dan juga menyucikan harta dari hak orang lain yang diberikan kepada 8 golongan asnaf seperti fakir, miskin, amil, mualaf, gharimin, riqab, Ibnu Samil, dan Fi Sabilillah.

Zakat sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu zakat fitrah dan juga zakat maal. Zakat fitrah adalah jenis zakat yang sangat dekat dengan kehidupan kita karena dikeluarkan saat bulan Ramadhan dan dilakukan serentak sebelum Idul Fitri. Sedangkan zakat maal dilaksanakan setahun sekali saat harta sudah mencapai nisab.

 

Infak

 

Sama-sama mengeluarkan harta, infak memiliki perbedaan dengan Zakat. Infak merupakan kegiatan memberi harta benda kita kepada orang lain. Infak juga sangat dekat dengan kehidupan kita seperti memasukkan uang ke kotak amal, memberikan bantuan uang kepada pengurus masjid memberikan bantuan kepada panitia pembangunan masjid, dan lain sebagainya.

 

Infak tidak seperti zakat karena dapat Anda lakukan kapan saja tanpa ada aturan waktu. Jumlahnya pun juga tidak ditentukan seperti zakat sehingga Anda dapat berinfak sesuai dengan kemampuan Anda. Bisa dilakukan saat Anda dalam keadaan lapang maupun saat keadaan sempit karena tidak ada batasan berapa yang harus dikeluarkan.

 

Sedekah

 

Sedangkan sedekah adalah memberikan apa yang kita punya berupa kebaikan kepada orang lain. Sedekah ini lingkupnya lebih luas. Sedekah bisa Anda lakukan dengan apa saja yang Anda miliki, tidak hanya harta maupun benda. Anda senyum kepada orang lain pun sudah termasuk ibadah. Bagi Anda yang menasihati orang terdekat dengan baik, mengajarkan ilmu kepada orang lain tanpa pamrih, dan lain sebagainya juga dihitung sebagai sedekah.

 

 

Penutup

Setelah membaca perbedaan dari Zakat infak dan sedekah tersebut, kini Anda sudah mulai tercerahkan bukan? Anda bisa melakukan zakat, infak, atau sedekah dengan niat yang benar karena Anda sudah tahu perbedaan antara ketiganya.