Hikmah Tersirat di Balik Pintu-Pintu Sedekah

Hikmah Tersirat di Balik Pintu-Pintu Sedekah

Sedekah tak hanya perkara harta, siapa pun bisa menunaikannya dengan kemampuan yang ia punya. Di balik pintu-pintu sedekah menyimpan banyak keutamaan dan hikmah yang tak terkira.

Perlu ditekankan, sobat baik bisa bersedekah dengan segala kebaikan dengan kemampuan masing-masing. Dari hal kecil yang bisa kita lakukan tiap harinya dapat bernilai sedekah, semisal memungut sampah di tempat umum atau bahkan sekadar menyingkirkan batu dan ranting di jalanan.

Rasulullah SAW pun mengajarkan dalam hadisnya, “Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Di sisi lain, keutamaan sedekah bagi kehidupan kita pun sangat besar. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang besedekah maka ia telah melepaskan 70 ikatan setan pada dirinya” (HR. Muslim)

Dijelaskan oleh Al-Habib Abdullah Al-Haddad RA, ikatan setan dalam hadis ini bermakna jika seseorang telah menunaikan sedekah berarti ia telah mengingkari sifat setan yaitu kebakhilan. Selain itu, sedekah dapat meruntuhkan godaan setan tuk menunda-nunda kebaikan dan bisikan-bisikannya. 

Sebagai penutup, melihat banyaknya keistimewaan sedekah sebagaimana dijelaskan di atas, kiranya kita perlu tuk mengamalkannya. Lakukan sedekah dengan kemampuan yang kita miliki, dengan izin Allah SWT semoga keberkahan hidup senantiasa bersama kita.

Klik s.id/sedekahikhtiar

MRIM